• Kontak Kami
  • Hotline : 0857899533334
  • SMS : 0857899533334
  • BBM : 758D264B

Kontak Kami

( pcs) Checkout

INFO SHINESKIN : Jujur soal jenis kulit, akan sangat membantu kami menentukan treatment yang tepat. INFO SHINESKIN : Silahkan bergabung menjadi reseller SHINE SKIN untuk bisnis sampingan anda. INFO SHINESKIN : Shine Skin telah lulus uji BPOM .Mendapat sertifikat halal MUI
Beranda » Artikel Terbaru » Alergi Kulit Sangat Berbahaya

Alergi Kulit Sangat Berbahaya

Diposting pada 1 March 2019 oleh Anata Lihacha

produk skincare

Alergi kulit sebenarnya tak hanya disebabkan oleh gigitan serangga, bulu hewan, makanan tertentu, atau serbuk sari saja. Untuk kamu kaum hawa mesti waspada, sebab dalam beberapa kasus alergi kulit juga bisa disebabkan oleh penggunaan kosmetik, lho.

Nah, alergi sendiri merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya. Sesuatu ini bisa berupa substansi yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh. Beberapa jenis substansi yang dapat menyebabkan reaksi alergi ini salah satunya kosmetik.

Kata ahli, tingkat keparahan alergi akan berbeda-beda pada tiap orang. Singkatnya, ada yang mengalami reaksi alergi ringan dan ada pula yang berat sampai berakibat fatal. Lalu, kira-kira apa yang akan terjadi pada kulit bila alergi disebabkan oleh kosmetik? Yuk intip penyebab alergi kosmetik di bawah ini.

Gatal hingga ruam
Bukan rahasia lagi kalau kulit wajah merupakan bagian yang amat rentan terhadap alergi. Kata ahli, alergi pada kulit wajah ini disebabkan karena kandungan produk kosmetik bisa memengaruhi struktur dan fungsi kulit. Nah, hal inilah yang ujung-ujungnya bisa menyebabkan peradangan.
Alergi ringan memang masih bisa diobati, tetapi bila gejala alergi terjadi terus-menerus ketika kamu menggunakan produk tersebut, maka kemungkinan alergi bisa bertambah parah. Pada kondisi ini, sebaiknya kamu perlu meminta bantuan dan perawatan dokter.

Kata ahli, gejala alergi kosmetik pada kulit bisa menimbulkan reaksi seperti biduran. Kondisi ini terjadi ketika kulit bereaksi pada suatu yang bersifat alergen. Di tahap ini mungkin dirimu akan mengalami gatal, muncul sensasi kesemutan, kulit terasa panas atau perih, hingga ruam dan bengkak.

1. Mata teriritasi dan bengkak
Maskara, eyeshadow, eyeliner, hingga alas bedak merupakan produk yang biasa digunakan wanita untuk merias area sekitar mata. Namun, ada kalanya produk-produk tersebut bisa menyebabkan alergi bagi mata. Ketika kandungan kimianya bersentuhan dengan kulit di sekitar mata, bisa saja dirimu akan mengalami ruam.

Dalam kebanyakan kasus, kondisi kulit awalnya akan berwarna kemerahan dan terasa gatal. Tak cuma itu, area kulit di sekitar mata pun bisa saja mengelupas karena alergi tersebut. Di samping ruam, alergi kosmetik ini juga bisa membuat kelopak mata jadi bengkak dan berair. Hati-hati, sebab kondisi ini bisa menyebar ke daerah pipi atas yang diikuti dengan munculnya ruam. Itulah tanda-tanda wajah alergi kosmetik.

Selain ruam dan bengkak, riasan mata yang bersentuhan dengan kulit di sekitar mata juga bisa menyebabkan iritasi dan konjungtivitis. Kata ahli, kondisi ini merupakan infeksi selaput transparan mata yang membuat pembuluh darah jadi terlihat dan daerah putih bola mata jadi merah. Terkadang hal inilah yang membuat dirimu akan merasa amat peka terhadap cahaya silau.

produk kosmetik

Baca Juga Ya Girls..!!

Rahasia kulit cantik dan sehat
Cara Paling Ampuh Hilangkan Bopeng
Kulit Wajah Tampak Lebih Muda
Make Up yang Benar Agar Terlihat Bagus di Kamera
Penting Sekali Mengenali Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Komedo 
Cara Praktis Melebatkan Bulu Mata dari Rumah
Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Komedo Berikut Ini! 

2. Bibir kering dan bengkak
Produk kecantikan seperti lipstik, lip balm, atau produk lainnya untuk merias bibir juga bisa menyebabkan alergi, lho. Tepatnya menimbulkan peradangan pada bibir yang biasa disebut dengan cheilitis. Bila alergi terjadi pada area bibir, maka biasanya bibir akan menjadi kering, kemerahan, gatal, hingga bengkak.

3. Tips Sederhana Mengatasi Alergi Kosmetik
Agar gejala-gejala alergi kosmetik pada kulit tak semakin berlarut-larut, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

4. Stop Penggunaannya
Ketika gejala alergi sudah mulai muncul, segeralah hentikan penggunaan kosmetik yang diduga menjadi biang keladinya. Setelah itu, temuilah dokter ahli untuk melakukan pemeriksaan. Pasalnya, kemungkinan besar keluhan itu disebabkan oleh produk kosmetik yang digunakan.

5. Jaga Kebersihan Kulit Wajah
Mencuci wajah enggak harus selalu menggunakan sabun pencuci muka kok. Sebab, penggunaan sabun muka yang terlampau sering bisa menyebabkan kulit wajah jadi kering, mudah teriritasi, dan keluhan lainnya. Sebaiknya, gunakanlah sabun wajah untuk mencuci muka pada malam hari sebelum tidur. Akan lebih baik lagi, bila sabun yang kamu pilih memiliki pH normal (seimbang). Di samping itu, cucilah muka 2—3 kali perhari dengan air biasa (tidak perlu selalu menggunakan sabun wajah).

Remaja yang banyak beraktivitas di luar ruangan juga butuh perawatan wajah mendasar yang ringan dan nggak berat untuk kulit mereka. Polusi, debu, dan kotoran yang menempel pada wajah akan menjadi jerawat dan bruntusan. Nah, sebagai permulaan, ini skin care yang harus kamu punya untuk merawat wajah!

Masa pubertas saat remaja membuat kita kesulitan memilih produk skin care yang sesuai untuk perawatan wajah. Produk skin care juga cocok-cocokan di kulit remaja yang masih labil. Tips kecantikan agar wajah tetap sehat adalah pilih produk yang memang ditujukan untuk remaja. Formula di dalam produk ini pun menyesuaikan dengan karakter kulit remaja. Komposisinya juga ringan kok. Selain itu, kamu juga bisa memilih produk yang menyasar kondisi kulit tertentu. Pastinya cara merawat wajah ini akan memudahkanmu.
Lalu apa aja sih skin care yang harus dimiliki remaja untuk merawat kulit wajahnya?

6. Facial Wash
Facial wash merupakan produk skin care yang penting dan wajib dimiliki oleh remaja. Setelah beraktivitas seharian, pastinya kamu pengen kulitmu bersih dan segar kembali, bebas dari kotoran, debu dan polusi serta keringat dan sebum yang bikin wajah lepek dan greasy. Biasakan membersihkan wajah saat bangun tidur, pulang sekolah, serta sebelum tidur, ya, agar wajah bebas jerawat dan komedo.

Nah, ada dua produk facial wash yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah Clean & Clear yang didesain khusus untuk kulit remaja dan mengatasi masalah di wajah. Harganya juga terjangkau banget dan bisa ditemukan di supermarket maupun minimarket.

Selain Clean & Clear, para remaja yang punya wajah sensitif bisa coba Cetaphil, lho! Cetaphil adalah facial wash yang free soap dan fragrance. Kandungannya bikin kulit lembut dan nggak menyumbat pori-pori.

7. Micellar Water
Jika merasa wajahmu kurang bersih atau facial wash tidak cukup mengangkat kotoran, micellar water wajib kamu miliki. Pembersih wajah berbahan dasar air ini cukup fleksibel, lho! Kamu bisa memakai micellar water sebelum membersihkan muka dengan facial wash atau setelahnya. Micellar water juga ampuh banget membersihkan make up yang cukup tebal. Pembersih ini juga bisa dipakai sendiri tanpa harus dibilas dengan air maupun facial wash kok. Tips kecantikan agar wajahmu tetap bersih, kamu bisa membersihkan wajah dengan micellar water saat di tengah-tengah aktivitasmu disekolah!

Rekomendasi micellar water yang bisa kamu pakai dalam perawatan wajah adalah Nivea Micellar Water, Garnier Micellar Water, dan Ovale Micellar Water. Ketiganya sangat affordable dan mudah ditemukan di drugstore maupun supermarket dan minimarket.

8. Moisturizer
Nggak peduli kamu seorang remaja, wajahmu tetap butuh moisturizer. Moisturizer berfungsi sebagai asupan gizi untuk kulit kita. Alhasil, harus digunakan setiap hari, baik saat di rumah atau beraktivitas di luar ruangan. Namun, penggunaan moisturizer memang agak tricky karena harus menyesuaikan dengan jenis kulit kita.

Jangan cemas dulu, girl! Jika kamu merasa moisturizer yang beredar di pasaran terlalu berat untuk kulit wajahmu, kamu bisa memakai moisturizer khusus untuk remaja, yakni Clean&Clear Oil Control Moisturizer dan Clean&Clear Moisturizer SPF 15. Masing-masing ditujukan untuk kulit berminyak serta kulit kering yang sama-sama memberi kelembaban pada kulit dan membantu kulit agar nggak dehidrasi.

Nah, itu tadi tips sederhana dari kami. Jangan lupa untuk tetap merawat diri sendiri ya. Untuk make-up, sebaiknya Anda memilik produk kosmetik yang aman dan halal seperti produk shineskin. Kalau kamu ragu untuk menggunakan berbagai macam produk kecantikan dengan alasan efek samping yang mungkin ditimbulkan, kamu bisa memilih untuk merawatnya dari dalam. Selain itu dukung cantikmu dengan cara menjaga penampilan dan mempercantik kepribadian.

Bagikan informasi tentang Alergi Kulit Sangat Berbahaya kepada teman atau kerabat Anda.

Alergi Kulit Sangat Berbahaya | Shineskin Indonesia

Komentar dinonaktifkan: Alergi Kulit Sangat Berbahaya

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR