• Kontak Kami
  • Hotline : 0857899533334
  • SMS : 0857899533334
  • BBM : 758D264B

Kontak Kami

( pcs) Checkout

INFO SHINESKIN : Jujur soal jenis kulit, akan sangat membantu kami menentukan treatment yang tepat. INFO SHINESKIN : Silahkan bergabung menjadi reseller SHINE SKIN untuk bisnis sampingan anda. INFO SHINESKIN : Shine Skin telah lulus uji BPOM .Mendapat sertifikat halal MUI
Beranda » Artikel Terbaru » Kulit Adalah Aset Wanita yang Harus Dirawat Sejak Dini.

Kulit Adalah Aset Wanita yang Harus Dirawat Sejak Dini.

Diposting pada 16 April 2019 oleh Anata Lihacha

Perawatan kulit biasanya tentu menggunakan skincare, tetapi sayangnya nggak semua skincare ramah di kulit karena beberapa justru terasa menyakitkan. Terkadang ada rasa perih dan panas saat menggunakan skincare, artinya hal ini bukan pertanda baik. Berikut ini adalah 5 penyebab kenapa kulit kamu terasa perih ketika menggunakan skincare!

1. pH skincare yang kamu gunakan terlalu rendah
Kulit tentu memiliki pH tertentu dan skincare yang kamu gunakan harus menyesuaikan pH kulit. Apabila pH terlalu rendah itu artinya skincare kamu terlalu bersifat asam dan bisa memberikan efek perih dan panas di kulit. Oleh karena itu segera konsultasikan skincare jenis apa yang mempunyai pH sesuai dengan kulit kamu. Karena seperti yang kamu tahu nggak semua skincare itu ramah untuk kulit bahkan bisa dibilang ini bersifat untung-untungan.

2. Kandungan parfum dan alkohol cenderung tinggi
Penyebab kulit terasa perih saat menggunakan skincare bisa jadi karena kandungan alkohol dan parfumnya yang terlalu tinggi. Kulit mempunyai ambang batas tertentu di dalam menerima alkohol dan parfum, namun ambang batas itu di antara satu perempuan dan perempuan yang lain berbeda-beda. Nah untuk mengantisipasi hal itu sebaiknya cari tahu dahulu berapa banyak kandungan alkohol dan parfum di skincare yang kamu pilih.

3. Memiliki kulit yang sensitif
Cobalah cari tahu apakah kamu pemilik kulit sensitif atau nggak. Karena pemilik kulit sensitif umumnya sedikit susah mencari skin care yang tepat karena nggak tahan dengan kandungan fragrance dan alkohol. Biasanya meski kandungan parfum sangat rendah di skincare tertentu kulitmu tetap nggak bisa menerimanya karena sensitif. Nah untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya kamu menggunakan skincare yang bebas alkohol dan parfum ya!

4. Pelindung kulit rusak
Selain itu penyebab skincare yang kamu aplikasikan terasa perih boleh dijadikan barrier atau pelindung kulitmu yang rusak. Hal ini bisa jadi karena kamu berlebihan dalam melakukan proses eksfoliasi. Nah untuk mengatasi hal tersebut tentunya untuk sementara kamu hentikan proses eksfoliasi di kulit dan pemakaian skincare hingga kulitmu sembuh kembali.

5. Skincare nggak cocok untuk kulit
Penyebab terakhir kenapa skincare yang kamu gunakan terasa sakit tentunya bisa jadi skincare yang saat ini kamu gunakan nggak cocok untuk kulit. Kalau kamu pemilik kulit berminyak dan menggunakan skincare khusus untuk kulit kering tentu bisa membuat kulitmu nggak merasa nyaman. Nah oleh sebab itu ketahui jenis kulitmu supaya kamu mampu mencari skincare yang tepat untuk kulitmu.

Nah sudah tahu kan?

Terdapat begitu banyak cara untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan terawat, salah satunya adalah dengan menggunakan skin care secara rutin. Namun, apakah selama ini Anda pernah merasakan sensasi kulit yang perih saat mengaplikasikan produk skincare ini? Sensasi perih ini biasanya juga disertai dengan rasa cekit-cekit yang begitu menusuk kulit. Selain perih, ada pula yang malah merasakan sensasi perih disertai dengan rasa panas dan terbakar. Hmm, sebenarnya apa penyebabnya, sih? Yuk, cari tahu di sini!

Penyebab Kulit Terasa Perih Saat Mengaplikasikan Produk Skincare

Rasa perih yang Anda rasakan sebenarnya merupakan reaksi inflamasi di sesuatu yang diaplikasikan secara topikal. Kulit wajah mempunyai serat saraf yang dekat dengan permukaan, sehingga saat Anda mengaplikasikan suatu produk tertentu, kulit juga bisa merasakan berbagai sensasi. Selain itu, karena pembuluh darah juga terletak dekat dengan permukaan, inflamasi ini juga bisa menyebabkan kemerahan di kulit.

Menurut skincare expert Renée Rouleau, berikut beberapa kemungkinan penyebab kulit yang bisa mengalami reaksi inflamasi:

Menggunakan produk skincare dengan pH yang lebih rendah daripada pH alami kulit.
Produk skin care mengandung kandungan alkohol atau parfum dalam kadar yang tinggi, atau essential oil.
Produk skin care nggak cocok dengan kulit.
Memiliki kulit yang sensitif.
Barrier kulit rusak. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan, seperti cuaca yang dingin, kulit dehidrasi, over-exfoliating, atau penggunaan produk yang terlalu keras.

Apakah Pemakaian Produk Perlu Dihentikan?

Menurut Lucile White, seorang dermatolog di Houston, Texas, produk skin care pada umumnya nggak seharusnya menyebabkan rasa perih, cekit-cekit, atau panas, terlebih saat kondisi kulit Anda prima (barrier kulit nggak rusak dan nggak ada luka terbuka seperti bekas memencet jerawat). Akan tetapi, beberapa kandungan skincare seperti exfoliating acids yang memiliki pH lebih rendah dari pH alami kulit dan retinoid memang bisa menyebabkan rasa perih di kulit.

Umumnya, rasa perih karena pemakaian produk dengan kandungan acid atau retinoid hanya bisa berlangsung beberapa saat di awal pemakaian. Setelah beberapa kali, rasa perih bisa berkurang, bahkan nggak lagi terasa. Namun, bukan berarti produk acid Anda sudah nggak lagi bekerja, melainkan karena produk acid atau retinoid tengah bekerja memperbaiki barrier kulit, sehingga saat barrier kulit semakin kuat, Anda pun bisa semakin nggak merasakan perih.

Namun, apabila:
Anda merasa perih terus menerus, bahkan kulit memerah untuk jangka waktu yang cukup lama, atau
Merasa perih saat produk yang Anda gunakan bukanlah produk yang seharusnya menyebabkan rasa perih (misal: pelembab sehari-hari, masker wajah, sunblock), padahal kulit dalam keadaan prima, atau
Area kulit yang terasa perih berubah menjadi area kulit kering dan mengelupas,
Ada kemungkinan Anda sedang mengalami reaksi alergi karena menggunakan produk yang kurang cocok atau memiliki kondisi kulit tertentu seperti dermatitis. Sebaiknya, segera hentikan pemakaian produk dan konsultasikan pada dokter.

Kemudian, apa saja tanda produk skincare yang kamu pakai nggak cocok? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Wajah tampak kemerahan
Kemerahan yang timbul di wajah biasanya timbul karena bahan pengawet, wewangian, dan asam akrilat yang ada di kosmetik. Segera konsultasikan pada dokter kalau kamu mengalami hal ini yah. Karena kalau didiamkan terlalu lama, hal ini bisa mengakibatkan alergi yang akan lebih sulit disembuhkan.

Kulit terasa kering dan gatal
Wewangian yang terdapat di dalam produk skincare yang kamu pakai juga bisa membuat kulit wajah menjadi kering sehingga terasa gatal. Pilihlah produk yang mempunyai label fragrance-free yang lebih aman dipakai, terutama untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Bagikan informasi tentang Kulit Adalah Aset Wanita yang Harus Dirawat Sejak Dini. kepada teman atau kerabat Anda.

Kulit Adalah Aset Wanita yang Harus Dirawat Sejak Dini. | Shineskin Indonesia

Komentar dinonaktifkan: Kulit Adalah Aset Wanita yang Harus Dirawat Sejak Dini.

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR